Categories
Oto

Mobil Jarang Dipakai Saat WFH? Perhatikan Aki Mobil

Banyak kendaraan pribadi yang terpaksa dianggurkan begitu saja selama WFH atau Kerja dari Rumah. Di satu sisi, hal itu sangat bagus untuk penghematan bahan bakar kendaraan. Namun, kondisi mesin kendaraan menjadi riskan, terutama mobil yang sangat jarang atau bahkan tidak pernah dipakai selama WFH. Salah satu komponen penting yang wajib diperhatikan adalah aki mobil. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips merawat aki mobil yang jarang digunakan.

Hai, Mau Tau Cicilan Kredit Honda Brio? Cek Di https://hondaoutsidejava.co.id/credit Guys!

Rutin Memanaskan Mesin Kendaraan

Performa aki mobil masih dapat dijaga meskipun mobil jarang dikendarai. Caranya adalah dengan rutin memanaskan mesin mobil. Pasokan daya pada komponen kelistrikan mobil akan selalu aman jika mesin rutin dipanaskan. Jadi, rutinlah memanaskan mesin mobil setiap hari meskipun tidak akan digunakan.

Memeriksa Kabel Terminal Aki

Cek kondisi terminal aki secara rutin. Pasalnya, komponen ini sangat penting untuk menghubungkan arus kelistrikan. Dikhawatirkan sambungan terminal aki akan longgar sehingga pengisian menjadi kurang optimal. Komponen kelistrikan pun akan kurang stabil akibat sambungan kabel yang kendor. Pastikan Anda memperbaiki atau mengganti kabel terminal aki yang kendor.

Membersihkan Korosi

Adanya korosi dalam aki mobil juga menimbulkan risiko berbahaya. Arus daya dapat terganggu akibat sambungan aki atau kutub yang tertutupi korosi. Cara membersihkan korosi ini sangat mudah, siramlah dengan air panas kemudian sikat sampai bersih.

Baca Juga: Tips Membersihkan Mesin Mobil https://hondaoutsidejava.co.id/info-terkini/ingin-servis-dan-bersihkan-ruang-mesin-mobil-ini-tips-dari-b

Mengecek Ketinggian Air Aki

Anda harus sering megecek ketinggian air aki apakah sudah sesuai standar. Penyimpanan daya tidak akan maksimal jika ketinggian air masih di bawah standar. Komponen kelistrikan di mobil Anda juga bisa terganggu akibat volume air yang terlalu sedikit. Namun, harus diingat bahwa air hanya dapat ditambahkan pada jenis aki hybrid dan aki basah.

Meskipun Anda hampir tidak pernah menggunakan mobil selama masa WFH, jangan sampai perawatannya terlupakan. Selain tetap dicuci teratur, kondisi mesin kendaraan Anda akan awet jika performanya terus dijaga sesuai dengan metode yang tepat. Maka dari itu, aki mobil sebagai salah satu komponen penting mesti rutin dicek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *