Categories
Uncategorized

Tips Membuat Dapur Minimalis Menggunakan Semen Mortar

dapur minimalis

Karena adanya perkembangan zaman yang menjadi semakin canggih ini telah membuat banyak dunia konstruksi juga semakin berkembang. Salah satu buktinya adalah adanya penggunaan semen mortar yang bisa membuat lebih praktis saat digunakan. Selain bisa lebih praktis, Anda juga tidak perlu repot mengaduk campuran semen dan pasir secara konvensional seperti sebelumnya. Semen Mortar juga mempunyai kelebihan yaitu mengurangi risiko keramik maupun dinding dapur anda pecah juga retak.

Walaupun sudah mempunyai banyak keunggulan, penggunaan mortar di saat ini tetap masih terbatas. Jika ada yang bisa untuk menggunakannya pun terkadang mereka masih memakai cara yang salah dan membuat hasilnya pun tidak maksimal. 

Tips Menggunakan Semen Mortar 

Sekarang ini masih banyak masyarakat maupun pekerja bangunan yang kurang memahami bagaimana cara menggunakan semen mortar dengan benar. Padahal jika salah dalam penggunaannya, manfaat dari semen mortar ini juga tidak akan maksimal. Agar dapat mendapatkan hasil yang terbaik, berikut ini ada beberapa tips dalam menggunakan semen yang baik dan benar.

Memastikan Jika Takaran Campurannya Pas

Diketahui dalam teknik pencampuran semen mortar ini berbeda dengan semen yang lain. Pada semen ini, akan diperlukan takaran campuran yang pas supaya bisa menjadi pasta perekat yang punya hasil terbaik. Pasalnya jika takaran campuran dari Mortar ini tidak pas, hasilnya pun juga tidak akan maksimal dan malah membuat dapur anda cepat rusak.  Jika dalam membuat perekat konvensional anda perlu menambahkan tiga bahan utama  yaitu semen, kapur serta pasir, dengan takaran masing-masing bahan yang harus pas. Tapi jika anda memakai semen mortar, anda bisa lebih mudah melakukannya, karena anda perlu mencampur air juga semen mortar dengan perbandingannya 1 air : 2 mortar.

Menggunakan Teknik Pencampuran yang Tepat

Agar anda bisa mendapatkan hasil yang terbaik, ada teknik serta langkah-langkah pencampuran yang perlu Anda perhatikan. Dan Langkah-langkah dari pencampurannya adalah seperti berikut:

  • Menyiapkan wadah dengan bahan plastik.
  • Memasukan air dahulu.
  • Memasukan bubuk semen kedalam wadah yang sudah diisi air, lalu aduk dengan teknik melipat ke dalam sampai tercampur rata dan berbentuk pasta.
  • Diamkan sekitar 5 menit sebelum diaplikasikan

Pengaplikasian Semen Mortar

Setelah anda mendiamkannya selama 5 menit, aplikasikan lah semen mortar tersebut menggunakan roskam rata, lalu bisa juga dikombinasikan menggunakan bagian yang bergerigi. Fungsi dari menggunakan roskam bergerigi ini adalah agar dapat mengurangi kemungkinan dari keramik dapur yang kopong dan juga bisa menghemat penggunaan semen mortar tersebut.

Itu dia tips mengunakan semen mortar untuk dapur minimalis. Jangan lupa gunakan produk mortar utama sebagai plester bangunan agar dinding lebih kuat. 

Leave a Reply